Senin, 01 Juli 2024

Contoh Draft ARKAS BOS Kinerja Kemajuan Terbaik Jenjang SD Tahun 2024

Bantuan Operasional Satuan Pendidikan Kinerja (BOSP Kinerja) merupakan bentuk insiatif Kemendikbudristek untuk memberikan apresiasi kepada satuan pendidikan. BOSP Kinerja ini bertujuan untuk memacu satuan pendidikan melakukan percepatan perbaikan mutu pendidikan. Sehingga Dana BOSP Kinerja ditujukan kepada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah yang dinilai memiliki kinerja yang baik dan berhasil menunjukan perbaikan performa dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Menurut Permendikbud 63 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana BOSP, satuan pendidikan yang menerima BOSP Kinerja terdiri dari tiga kategori. Diantaranya adalah sekolah yang melaksanakan program Sekolah Penggerak, sekolah yang memiliki prestasi, dan sekolah yang memiliki kemajuan terbaik.

Pada kesempatan kali ini saya akan mmembahas sedikit tentang BOSP Kinerja Kemajuan Terbaik Jenjang SD. Ketentuan penggunaan Dana BOS Kinerja diarahkan untuk pelatihan dan pengembangan talenta yang mencakup berbagai kegiatan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan siswa yang berprestasi. Hal ini dilakukan tak hanya untuk menunjang kemajuan individu siswa tetapi juga reputasi sekolah sebagai lembaga yang mendukung pengembangan potensi siswa secara menyeluruh. Pengembangan manajemen dan ekosistem pendidikan adalah komponen lainnya dalam penggunaan Dana BOS Kinerja. 

Sekolah diharapkan dapat memanfaatkan Dana BOS Kinerja untuk: 

1. Memperkuat manajemen internal

2. Meningkatkan efisiensi operasional

3. Memperluas ekosistem pendidikan


Baca juga : Unduh Aplikasi Cetak Kuitansi Format Excel


Berikut ini merupakan komponen penggunaan Dana BOS Kinerja bagi sekolah yang memiliki kemajuan terbaik berdasarkan Permendikbudristek 63 tahun 2023: 

1. Pembelajaran kurikulum merdeka

2. Perencanaan berbasis data

Dana BOS Kinerja bagi sekolah yang memiliki kemajuan terbaik tahun 2024 harus dianggarkan melalui aplikasi ARKAS. Untuk membantu Bendahara BOS Jenjang SD dalam input anggaran BOS Kinerja bagi sekolah yang memiliki kemajuan terbaik tahun 2024 di ARKAS, saya akan membagikan sebuah draft input ARKAS berbasis excel yang bisa dibuat sebagai konsep sebelum input di ARKAS untuk meminimalisir kesalahan dalam input. Draft input ARKAS ini telah disesuaikan dengan program kegiatan yang ada di ARKAS.

Bagi bendahara BOS yang mau menggunakan draft input ARKAS ini dapat diunduh pada tautan di bawah ini: 


Draft Input ARKAS BOS Kinerja Kemajuan Terbaik SD 2024

(link download akan muncul setelah mengisi google form & jangan lupa diextract dulu sebelum digunakan)


Semoga Draft Input ARKAS BOS Kinerja Kemajuan Terbaik SD 2024 ini bermanfaat dan membantu Bendahara BOS dalam menganggarkan Dana BOS Kinerja bagi sekolah yang memiliki kemajuan terbaik tahun 2024.


Ditunggu tanggapan, kritik dan sarannya pada kolom komentar. 

Donasi seikhlasnya 3029415055 😃🙏

 

1 komentar:

Aplikasi Sederhana Untuk Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Berdasarkan CP Terbaru 2024

  Salam dan bahagia Bapak/ Ibu Guru hebat! Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah aplikasi sederhana berbasis excel untuk membant...